Wednesday, December 1, 2010

Bore Up Kawazaki ZX130 Jadi 150cc

Memilih Kawazaki ZX130 sebagai tunggangan adalah satu hal yang istimewa. Pasalnya tak banyak konsumen yang tertarik karena desainnya yang kurang agresif. Satu hal yang berbeda dari motor ini ialah tangki bahan bakar yang diletakkan di tameng depan. Dengan komposisi ini pengemudi tak perlu repot membuka jok ketika hendak mengisi bahan bakar. Namun hal lain yang jadi keunikan motor ini ialah kapasitas mesin 130cc yang lumayan mumpuni untuk diajak bermanuver kebut. Lalu apakah angka 130cc bisa diupgrade lagi ? Jawabannnya ya, karena oprekan yang tepat bisa membuat ZX130 merangsek naik jadi 150cc.

Untuk kasus yang satu ini kami lantas menyembangi bengkel Wlllys Motor Sport di bilangan Kelapa Dua, Depok. Tohir selaku mekanik berujar " Untuk mengupgrade Kawazaki ZX130 langkah-langkahnya bisa kita mulai dengan mengganti klep memakai Klep Tiger terus stang seher kita pake Sonic (Honda Nova Sonic_red) biar panjang rangkanya dan kencang ". " Selanjutnya untuk karburator kita bisa pake Keihin 28 PE atau karbu Honda NSR biar ruang bakarnya jadi lebih sempurna " katanya menambahkan.

Walau terkesan sederhana dan mudah, ubahan ZX130 ini bukannya tanpa kendala. " Yang paling sulit dari pengerjaan motor ini pas waktu kita bikin rangka buat nge-bore up. Cukup makan waktu lama paling nggak seminggu biar bener-bener pas dan nggak ngerubah-rubah lagi " kata Tohir menjelaskan. Lebih lanjut Tohir menambahakan, " Buat menunjang semuanya saya sih menyerankan knalpot diganti pake merk DBS biar ruang buangnya lebih enak dan tarikan makin enteng ".

Bila berminat mengupgrade Kawazaki ZX130 anda, kata Tohir cukup sediakan dana kurang lebih Rp 2 Juta, diluar penggantian knlapot DBS yang kira-kira harganya Rp 1,8 Juta. [mot/timBX, source : Tohir mekanik Wlllys Motor Sport, Jalan RTM Raya No. 2, Kelapa Dua, Depok]



blackxperience

0 comments:

Post a Comment